Selasa, 21 Mei 2013

Klasifikasi Jaringan Menurut Geografisnya


 

 








Klasifikasi Jaringan Menurut Geografisnya


Klasifikasi jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu :
·         Personal Area Network (PAN)

            komputer yang tersambung dengan media tertentu. misalnya PC dengan handphone menggunakan Bluethooth.

·         Storage Area Network (SAN)
            SAN merupakan jaringan yang memiliki high-performance dan digunakan untuk komunikasi data antara server dan storage resources .






·         Local Area Network (LAN)
      LAN merupakan jarigan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resouce (misalnya : printer,scanner) dan saling tukar informasi.
      LAN juga dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik : ukuran, teknologi, transmisi dan topologi. LAN juga mempunyai ukuran yang terbatas yang berarti bahwa wajktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahuisebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasannya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.







LAN biasanya menggunakan teknologi trasmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikro second)dan mempunyi kesaalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi ,sampai ratusan megabit/detik.
            Komputer yang tersambung dalam satu ruangan untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Ciri - ciri LAN :
1.    Ruang lingkup terbatas.
2.    dapat digunakan multi accsess.
3.    koneksi yang Full time.
terdapat 2 arsitektur dalam jaringan LAN diantaranya:
1.    Client-Server Communication sesuai dengan namanya Arsitektur jatingan ini terdiri antara server dan client, dimana server itu sendiri sebagai penyaji informasi yang melayani permintaan dari client. server selalu( stand by )bersifat pasif. sedangkan Client bersifat aktif karena komputer client yang meminta informasi pada layanan server.
2.    Peer -to-Peer Communication ini berbeda dengan diatas karena pada jaringan ini disetiap komputer telah menyimpan masing-masing file dan menggunakan file yang ada pada setiap komputer. jarinngan ini memiliki kelemahan dalam hal keamanan terhadap penyalagunaan file yang telah dibukasebagai shared files.

·      Wide Area Network (WAN):
            Jaringan yang menghubungkan computer atau jaringan LAN dalam area geografis yang lebih luas dan dihubungkan melalui telepon atau satelit. Internet adalah satu contoh WAN yang sangat besar, bahkan mencakup seluruh dunia.
WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan programprogram aplikasi.
WAN pada umumnya terdiri dari subnet terdiri dri dua komponen yaitu kabel transmisi dan elemen switching.
Kabel transmisi (disebut juga sirkuit,channel,atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin kemesin lainnya.
Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima,elemen switching harus memilih kabel pengirim untukmeneruskan pesan-pesan tersebut.
 





Ciri-ciri WAN:
·      Berkerja di area geografis yang luas
·      Dapat diakses melalui Serial Interface dengan kecepatan yang rendah.
·      Koneksi secara Full-Time dan Part-Time.

·      Metropolitan Area Network (MAN)
            MAN merupakan jaringan yang memiliki ruang lingkup area metropolitan seperti kota. MAN biasanya terdiri dari dua atau lebih LAN dalam suatu area geografis.
Man pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dn biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kator perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperlunan pribadi (swasta) atau umum.
MAN biasanya mampu menunjang data dan suara,dan bahkan dapat berhubunga dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching,yang berfugsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.




Virtual Private Network (VPN)
            VPN merupakan private network yang dibangun dan dihubungkan didalam atau melalui public network seperti global Internet. Dengan VPN, akses data ke jaringan pusat perusahaan dapat dilakukan melalui internet dengan cara membangun secure tunnel antara komputer Client dan VPN router di jaringan pusat perusahaan.







Intranet
            Intranet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel,radio,satelit,dll).  Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkn terbentuknya suatu jaringan informasi global.






            sebuah jaringan komputer berbasis TCP/IP protocol seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan/kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung (backbone) komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua layanan TCP/IP protocol dan aplikasinya sehingga kita memiliki “private” Internet.
TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung internet. Tanpa mengikuti protokol standart ini, komputer kita tidak mampu berkomunikasindengan komputer-komputer lain di-internet.








Extranet
            Jika sebuah badan usaha/bisnis/institusi meng-ekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Umumnya tidak semua isi intranet dikeluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya untuk membeli software, buku dan lain-lain dari sebuah e-Store (Toko Elektronik) di internet, biasanya dapat diakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha/perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak/perangkat keras yang mengatur akses luar kedalam intranet ataupun akses dari dalam keluar intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan, apakah itu IP address, nomor port dan lain-lain. Jika firewall diaktifkan maka akses dapat dikontrol,sehingga hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar